Hai Para Kreator Baru, Nih Ada Panduan Istilah Buat Kamu!

Karina lumayan sering mendapat direct message (DM), baik Instagram maupun Twitter dari para kreator baru yang bertanya tentang sistem di KaryaKarsa. Mungkin mereka yang baru daftar ini tergugah ingin menjual karya karena tahu telah banyak kreator yang telah berpenghasilan dan mendapat manfaat nyata dari KaryaKarsa.

Sumber: Instagram @karyakarsa_id

Nah, setelah daftar mereka kebingungan. Padahal, panduannya sudah cukup lengkap lho ada di laman https://help.karyakarsa.com. Tapi tidak apa-apa. Karina akan buat seri panduannya. Dimulai dari panduan beberapa istilah penting yang sering digunakan di KaryaKarsa, yaitu:

Kawan Karya: Sapaan untuk teman-teman pengguna KaryaKarsa secara umum. Biasanya ini sering Karina gunakan untuk menyapa di media sosial. Nah, Kawan Karya juga biasa Karina singkat jadi Kak. Makanya semua yang DM pasti Karina panggil dengan sapaan Kak. 

Kreator: Pengguna KaryaKarsa yang membuat dan mengunggah karya. Yap, di KaryaKarsa memang ada beragam seniman, penulis, animator, musisi, komikus, dll. Semuanya disebut kreator. Nah, kalau ada panduan atau pengumuman yang tertuju untuk kreator, pasti itu maksudnya untuk pembuat karya.

Cara menjadi kreator di KaryaKarsa tidak sulit. Tinggal klik link yang ada di bio Instagram atau Twitter @karyakarsa_id atau bisa isi data melalui link 👉 https://bit.ly/daftarjadikreator.

Pendukung: Pengguna KaryaKarsa yang membeli karya. Mengapa disebut demikian? Sebab pada dasarnya membeli karya adalah bentuk dukungan terhadap perkembangan kreator dan karya-karya anak bangsa. Selain itu, melalui KaryaKarsa tidak hanya dukungan melalui jual-beli, tetapi juga terjadi dukungan terhadap kreator berupa pesan semangat dan pemberian tip.

Untuk mendaftar menjadi pendukung, lebih mudah! Tinggal masuk dengan akun Google atau Facebook kamu saja. 

Post Karya: Halaman tempat kamu menaruh karya. Jadi, menawarkan karya di KaryaKarsa tidak sesederhana unggah dan pasang harga saja. Kamu harus membuat 1 halaman karya secara rapi, yang terdiri dari header, tulisan synopsis/penjelasan singkat tentang karya, dan penentuan harga jual satuan serta paket. 

Pengaturan untuk membuat halaman karya bisa diatur di halaman “dashboard”, lalu pilih menu “Karya”. Ada 3 tahap yang harus kamu lengkapi untuk membuat 1 post karya yaitu, Isi, Berkas, dan Opsi. Unggah karya akan kamu lakukan di tahap "Berkas" bukan “Isi” ya! Catat! Untuk panduan lengkapnya bisa kamu baca di link https://help.karyakarsa.com/panduan-dashboard-kreator/menu-karya.

Jual Satuan: Karya dijual ketengan atau dijual dalam pembagian, misalnya per-bab, per-episode, per-tema, dll. Pada post karya, harga satuan yang sudah kamu tetapkan akan muncul dalam bentuk tombol harga warna biru. Harga ini bisa kamu set di menu "Opsi" yang muncul setiap kamu akan mengunggah karyamu.

Paket: Kumpulan beberapa karya yang ditawarkan untuk didukung dalam 1 kali transaksi. Biasanya sih ditawarkan dengan harga lebih murah dibanding beli satuan. Paket bisa dianalogikan sebagai "kotak pembungkus" beberapa karyamu. Pada post karya, harga paket yang sakan muncul dalam bentuk tombol harga warna merah. 

Tip: Apresiasi lebih pada kreator yang bisa pendukung berikan, selain dengan membeli karya. Tip terletak di tiga tempat, yaitu ada halaman khusus tip masing-masing kreator, pada bagian bawah karya gratis, dan muncul pada popup ketikan akan memilih cara pembayaran. 

Sumber: Instagram @karyakarsa_id

Sebarkan: Proses mempromosikan sekaligus memberi tahu pada kawan karya lainnya tentang karya kamu. Semakin sering kamu sebarkan, semakin banyak orang tahu dan jadi memperbesar potensi untuk mendapat pendukung baru.

Sumber: Instagram @karyakarsa_id

Demikian beberapa istilah dasar yang penting untuk kamu, para kreator baru ketahui. Kalau ada yang ingin kamu tanyakan, jangan sungkan langsung DM saja ke Instagram atau Twitter @karyakarsa_id. Semangat berkarya. 🌻🌻🌻

Karya ini GRATIS! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi 🥰

Kategori karya
Tips Kreator

Kolom Komentar

Apakah konten ini melanggar ketentuan yang berlaku sesuai termin Karyakarsa? harap laporkan.