Agustian Noor: Berpenghasilan dengan Jualan “Klenik” di KaryaKarsa

Agustian Noor adalah orang dibalik Hati Baja Comic. ”Bisa dipastikan saya adalah manusia berjenis kelamin pria.. he. Tinggal disebuah kota kecil di tengah kalimantan/kalimantan tengah tepatnya Kotawaringin timur. Tunggu... tidak seperti yang kamu pikirkan... bener-bener sebuah kota lho,” ujar Agustian memperkenalkan diri.

“Buang jauh-jauh imajinasi kalian yang berpikir kalau saya tinggal ditengah hutan dengan orang utan dan monyet yang bergelantungan. Keseharian saya sangat biasa, kalau lagi bosan menggambar saya akan senang hati akan pergi memancing untuk lauk makan,” lanjut Agustian bercerita. 

Agustian adalah komikus penuh waktu. 

Sumber: Instagram @karyakarsa_id

 Selain Agustian, Hati Baja Comic dibantu oleh dua orang lainnya, yaitu ada Opik Roy pada pewarnaan (coloring) dan Adeshark sebagai penyunting (editor). “Saya berkenalan dengan Opik sekitar tahun 2013 di platform ngomik.com dan baru bisa bertemu tatap muka tahun 2018 di salah satu event yang diadakan ciayo.com,”ujar Agustian memulai cerita. 

“Selama ini kita hanya berteman di dunia maya, karena Opik berdomisili di bandung. Kolaborasi kita diawali perasaan saling mengagumi. Saya mengagumi teknik coloring Opik dan sebaliknya Opik mengagumi teknik menggambar dan cerita yang saya buat. Jadi tak perlu menunggu hitungan detik, ketika Opik Roy saya tawari berkolaborasi dalam Hati Baja, dia langsung bilang, yes,” cerita Agustian. 

“Sedangkan Adeshark sebagai editor yang dipercayakan ciayo untuk membimbing kami dalam pembuatan Hati Baja. Beruntungnya ternyata kita bertiga sangat cocok satu sama lain,” lanjut Agustian bercerita.

“Keren, keren, keren,” ujar Agustian saat ditanya apa 3 kata yang tepat untuk menggambarkan Hati Baja Comic. Hal tersebut sesuai kalau pernah membaca komik tersebut. Sebab bisa dipastikan komikus luar negeri pun tidak akan terpikir untuk membuat hal yang khas Indonesia ini. 

Tema Komik Klenik dengan Alur Cerita Menggelitik

Sumber: Instagram @karyakarsa_id

Sedangkan Kheelan si kareakter utama, diciptakan sebagai perwujudkan apa yang ia harapkan dari para pemuda Indonesia. “Kheela, sang tokoh utama mewakili apa yang saya harapkan untuk para pemuda indonesia, bukan soal hebat bela dirinya tapi lebih ke sifat dan sikapnya yang jujur, baik dan tak acuh pada orang yang butuh bantuan,” jelas Agustian. 

Komik yang pernah menyabet penghargaan Action Comic Of The Year pada 2018 dan 2019 di ciayo.com ini ditawarkan melalui KaryaKarsa dimulai dari musim 4. Itu iya lakukan karena musim sebelumnya sudah ia upload secara GRATIS di aplikasi lain. 

Untuk proses kreatif, Agustian bercerita demikian, “Satu episode Hati Baja standarnya membutuhkan dua minggu proses pembuatan. Minggu pertama adalah tugas saya untuk menyusun cerita dan menggambar naskah, lanjut hingga proses lining. Setelah itu saya serahkan ke Opik untuk  coloring yang juga membutuhkan waktu seminggu sampai akhirnya dikembalikan ke saya untuk layout akhir dan leterring”.

Terkait promo melalui media sosial Agustian lanjut menjelaskan demikian, “Ibarat berdagang media sosial adalah kios/warung untuk kita menjajakan barang. Sekarang tinggal mencari tempat strategis dan menentukan pasar dari barang yang kita jual”.

Di sisi lain, Agustian menyadari bahwa penggunaan media sosial membuat karyanya rentan mendapat respons negatif,”Engh... sebuah dilema bagi saya. Kadang ingin membalas komentar negatif dengan hal yang sama namun karya yg saya angkat adalah tentang kebaikan dan kesabaran serta tanggung jawab.” Ujarnya.

“Jadi rasanya tidak pantas untuk saya berlawanan dengan hal itu dalam menanggapi pembaca.  Kadang saya memilih diam atau sebisa mungkin membalasnya dengan sopan. Sedangkan untuk komentar positif saya akan dengan senang hati membahasnya. Selama request-nya membuat karya kita lebih baik kenapa kita tidak mencoba mengaplikasikannya?” lanjut Agustian.

“Saya sangat berharap semakin banyak yang tau komik hati baja. Membacanya dan menyukainya. Dan dengan senang hati mensharenya, hingga komik ini viral dan harapan saya paling besar adalah hati baja bisa didaptasi ke layar lebar. Amiiiin,” harapannya menutup wawancara melalui surel dengan tim KaryaKarsa.

Kamu juga bisa lho jadi seperti Agustian Noor. Daftarkan dirimu sebagai kreator DI SINI! Lalu jangan lupa dukung terus karya komik lokal, seperti Hati Baja Comic.

Hati Baja Comic - Agustian Noor

https://karyakarsa.com/HatiBajaComic 

Instagram       : @hati_baja_comic

Karya ini GRATIS! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi 🥰

Kategori karya
Komikus

Kolom Komentar

Apakah konten ini melanggar ketentuan yang berlaku sesuai termin Karyakarsa? harap laporkan.