Kawung Typeface

Berkas Khusus Pendukung
Kawung-Font.zip

Batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam (lilin) pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. (Wikipedia) Salah satu motif batik yang tertua dan terkenal adalah Kawung.

Batik Kawung adalah motif batik yang bentuknya berupa bulatan mirip buah kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai aren atau kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga ditafsirkan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar mahkota bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.

Bagaimana motif batik Kawung ini bisa diaplikasikan menjadi alfabet dalam sebuah font?

Setelah mencoba melakukan beberapa eksperimen yang cukup rumit,  akhirnya saya bisa menyelesaikan abjad A-Z, a-z; huruf besar dan kecil, angka dan beberapa tanda baca. Namun karena bentuknya geometris dengan jarak yang terukur dan teratur, ada beberapa kesulitan menemukan bentuk yang lebih baik terutama pada huruf kecil.

Dalam beberapa kasus, font ini tidak memiliki keterbacaan yang baik tetapi saya cukup senang dapat mewujudkan ide saya untuk membuat jenis huruf yang terinspirasi oleh khazanah budaya asli Indonesia.

Jika tertarik silakan diunduh dan dicoba mengaplikasikan dalam berbagai ragam desain. Saran ide dan perbaikan silakan berkirim pesan.

Preview

Syarat dan ketentuan penggunaan font:

  • Font bisa digunakan untuk tujuan personal dan komersial berdasarkan lisensi standar Locomotype. Detail penjelasan bisa dibaca DISINI.
  • Anda tidak boleh mendistribusikan, menjual, memodifikasi, mengadaptasi, merekayasa, mendekompilasi, membongkar atau menyalin dan / atau menyertakan font atau desain font yang terkandung di dalamnya tanpa persetujuan dari kreator.
  • Jika ada keraguan mengenai penggunaan, silakan menghubungi kami.

Karya ini GRATIS! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi 🥰

Kolom Komentar

Apakah konten ini melanggar ketentuan yang berlaku sesuai general.terms? laporkan