Lusca ID: Idol Grup Bisa Menghasilkan Karya Apa di KaryaKarsa?

Lusca ID adalah idol group dari Bandung yang beranggotakan 6 orang mojang dengan karateristik unik dan berbeda-beda. Meski berkiblat pada budaya Jepang, mereka mengusung konsep alkuturasi dengan tetap memasukan unsur budaya Indonesia. Selain member inti, ada 6 orang trainee yang disebut LuSca Kouhai. 

LuSca terbentuk pada tanggal 8 Januari 2012, sebentar lagi akan genap berusia 9 tahun. “Awalnya bernama Lumina Scarlet, sebelum akhirnya berubah menjadi LuSca ID, pada tahun 2017. Hingga kini LuSca telah mengeluarkan 3 single dengan jumlah total 5 lagu dan 3 Music Video,” cerita tim Lusca ID saat diwawancarai via surel.

Single pertama LuSca dirilis pada tahun 2014. Lalu tepat 2 tahun setelah itu LuSca berkesempatan untuk tampil di Jepang bersama TULUS, pada acara Asian Music Festival 2016 di Kota Hamamatsu. Meski konsep IDol bukan hal baru di Indonesia, tapi secara jalur indie Lusca bisa dikatakan pelopor bagi grup sejenis. 

Sumber: Instagram @karyakarsa_id

 

 

Idol Group: Kerjaan Sambilan yang Serius

Masing-masing member LuSca mempunyai kegiatan lain di luar idol grup, sehingga LuSca sendiri bisa disebut sebagai part time untuk para membernya. Meski demikian, para member tengah menekuni dengan serius berbagai kegiatan seperti latihan, tampil dari panggung ke panggung, live streaming, dan membuat konten video untuk Youtube.

“Kendala terbesar dari jadwal. Membernya banyak dan setiap orang punya kesibukan masing-masing, jadi kadang susah mengatur jadwal yang pas. Kemudian kekurangan crew menjadi kendala, saat ini crew official LuSca hanya 2 orang, 1 orang manager, dan 1 orang creative director, “ jelas tim Lusca ID.

Selain itu, pandemi memberi dampak besar bagi mereka. Terutama karena mereka adalah seniman/kreator panggung yang umumnya tampil secara langsung. Akhirnya mereka fokus pada pengembangan penjualan merchandize bagi para penggemar setia mereka, seperti yang ditawarkan di KaryaKarsa. 

 “Setiap member mempunyai hobi dalam menari dan menyanyi, sehingga tetap bertahan (saat pandemi) dan berkarya. Untuk member baru LuSca sendiri, pencapaian pendahulunya yang pernah tampil di Jepang juga merupakan suatu inspirasi untuk mereka agar bisa melakukan hal yang sama,” ujar tim Lusca ID.

Di tahun 2021, LuSca ID akan merilis single terbaru mereka, lho! Selain itu juga akan memasarkan merchandise LuSca ke Jepang. Yuk, kita dukung supaya LuSca ID bisa terus berkarya dan mencapai semua cita-cita mereka! [emoji bunga matahari]

 

LuSca ID 

https://karyakarsa.com/luscaid 

Twitter: @lusca_id 

Instagram: @lusca.id

Karya ini GRATIS! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi 🥰

Kategori karya
Musisi

Kolom Komentar

Apakah konten ini melanggar ketentuan yang berlaku sesuai termin Karyakarsa? harap laporkan.