Kilas Balik KaryaKarsa 2020 #KaryaKarsaWrapped2020

Tahun 2020 bukan tahun yang  mudah untuk kita semua. Pandemi yang terjadi membuat banyak perubahan dalam cara kita berkarya. Tim KaryaKarsa sangat bersyukur di tengah kondisi seperti ini masih ada ratusan ribu karya telah terbit di KaryaKarsa. 🌻

Dari sejumlah karya-karya tersebut, Banyak yang berpenghasilan, tapi ada juga yang masih harus terus berusaha agar karyanya menemukan pendukung setia. Tapi, terima kasih sudah mau percaya taruh karya di platform ini. Nah, hari ini Karina akan ajak kamu kilas balik setahun di KaryaKarsa. 

 

Kilas Balik Kreator dalam Angka

Usia KaryaKarsa baru genap 1 tahun pada Oktober lalu, tapi tak disangka pertumbuhan kreator yang percayakan karyanya dan mau bergabung jadi kreator selama tahun 2020 meningkat hingga 16 KALI LIPAT. Lalu, yang membuat tim KaryaKarsa semakin bahagia adalah, para kreator yang sudah bergabung tersebut, tidak segan mengajak orang lain untuk turut bergabung di KaryaKarsa. 

Dengan demikian, semoga semakin banyak yang merasakan manfaat dan penghasilan dari KaryaKarsa, ya. Nah, terkait jumlah kreator per bidang, jumlahnya masih jomplang nih antar bidang. Bidang penulis dan Ilustrator & Komik benar-benar mendominasi di KaryaKarsa. Eits, tapi kalau soal penghasilan, kedua bidang tersebut kalah sama fotografer. 

Sumber: Instagram @karyakarsa_id

Selain itu, bidang “Edukasi & Tutorial” juga bidang lain dengan tingkat penghasilan yang tinggi. Kamu pasti bertanya-tanyakan mengapa beberapa bidang bisa mendapat penghasilan tinggi. Faktor penyebabnya memang beragam dan tidak bisa digeneralisasi. Tapi, salah satu kuncinya adalah konsisten dan produktif berkarya.

Tahukah kamu? Saking produktifnya pernah ada 1 minggu di mana jumlah karya yang masuk mencapai 584 post.  Banyak banget, kan? Pendukung pasti tidak akan kehabisan karya untuk dinikmati. Percaya deh! Meski beragam karya telah terunggah, ada 1 karya yang selalu dilirik baik oleh pendukung lama maupun baru. Bayangkan saja, untuk post karya tersebut yang view mencapai 10.941

Semakin jelas terlihat kan bahwa berkarya di KaryaKarsa itu menjanjikan. Kalau soal pemasukan sih, rata-ratanya Rp1.000.000 per kreator. Angka tersebut didapat dari menjumlahkan total dukungan yang masuk lalu dibagi jumlah kreator yang berpenghasilan. Lumayan banget, kan?

 

Kilas Balik Pendukung dalam Angka

Perkembangan KaryaKarsa juga tidak akan lepas dari keberadaan para pendukung, terutama mereka yang loyal dan sangat mengapresiasi karya kreator favorit mereka. Oleh sebab itu, sangat menyenangkan melihat pertumbuhan pendukung selama tahun 2020 meningkat lebih pesat dari jumlah kreator, yaitu 20 KALI LIPAT!

Tahukah kamu?

Sumber: Instagram @karyakarsa_id

Jadi jangan takut untuk menaruh harga yang layak untuk karyamu. Masih banyak nih yang merasa pasang harga Rp10.000 saja sudah kemahalan. Padahal, karya kamu tuh bagus!  Eits, tapi dengan catatan ya karyamu harus punya kualitas dan kuantitas yang sesuai juga. 

Selain membeli karya, tip juga menjadi salah satu sumber penghasilan kreator. Tidak sedikit yang mau memberi tip. Oleh sebab itu, rajin promo halaman tip kamu dan perkenalakan budaya memberi tip. Nah, untuk tip terbesar yang pernah diberikan pendukung itu mencapai Rp2.005.000 dalam sekali transaksi. Bisa tebak tidak itu untuk siapa kreatornya?

Demikian kilas balik KaryaKarsa 2020. Nah, dari data-data yang sudah ditunjukkan bisa disimpulkan bahwa peluang berdaya melalui karya itu terbuka lebar di KaryaKarsa. Jadi, buruan DAFTAR JADI KREATOR!  Jika sudah bergabung, yuk rutin berkarya dan promosi karyamu. Selain itu, jangan takut jual karyamu dengan harga lebih tinggi dan gunakan fitur Tip dengan maksimal, ya!

Semangat berkarya! 🌻🌻🌻

Karya ini GRATIS! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi 🥰

Kategori karya
Tentang Karyakarsa

Kolom Komentar

Apakah konten ini melanggar ketentuan yang berlaku sesuai termin Karyakarsa? harap laporkan.