Dear Para Kreator, Karyamu Itu Lebih Bernilai dari yang Kamu Kira, Lho!

📢 PENGUMUMAN! Mulai 1 Oktober 2020 di KaryaKarsa akan ada penetapan harga jual minimal, baik untuk karya satuan maupun paket. 

Harga jual minimal untuk karya satuan adalah Rp5.000, sedangkan untuk paket akan dihargai minimal Rp10.000. Nah, kalau ada karya satuan yang ditawarkan di bawah Rp5.000 atau paket di bawah Rp10.000, maka akan otomatis dinaikkan oleh sistem KaryaKarsa.

Mengapa ada kebijakan penetapan harga jual minimal di KaryaKarsa?

Pernah tidak kamu melihat ada karya yang sangat-sangat bagus, tapi harganya kok murah banget? Bahkan ada yang gratis. Nah, dari situ Karina coba hubungi para kreator yang karyanya bagus tadi untuk tanya kenapa sih kalian pasang harganya murah banget.

Ternyata, banyak yang bilang kalau mereka takut karyanya tidak laku kalau kemahalan. Pahadal kan karya-karya tersebut dibuat dengan usaha dan modal juga. Mereka bilang, kalau dinaikkan sedikit, pendukung langsung protes. 

Padahal hal tersebut akan menciptakan iklim apresiasi karya yang tidak sehat, lho! Orang-orang jadi tidak terbiasa mengapresiasi karya dengan nilai jual yang sesuai. Oleh sebab itu, butuh sedikit “dorongan” dari tim KaryaKarsa. 😉 

Selain harus menaikkan harga, Karina juga minta para kreator untuk ingat 3 hal ini ketika akan menentukan harga, ya! 

1. Harga jual jangan asal buat, harus dipertimbangkan baik-baik!

Sumber: Instagram karyakarsa_id (https://www.instagram.com/p/CBcXbRugWvs/)

Kamu yang paling tahu berapa lama dan seberapa sulit tingkat mengerjakan karya yang akan kamu tawarkan. Jangan ragu untuk memasang harga yang sesuai. Lagi pula, pendukung sejati pasti mau mengapresiasi karyamu dengan layak kok.

Bukan berarti harus mahal sampai tak bisa dibeli pendukungmu juga, yang penting sesuai. Kalau bingung masih ragu juga, bisa bikin polling di media sosial kamu. Ajak pendukungmu untuk ikut menentukan harga.

2. Pendukungmu pasti dari beragam kalangan dan punya kebiasaan berbeda dalam menikmati karya, coba beri beberapa pilihan paket. 

Sumber: Instagram karyakarsa_id 

Ada pendukung yang maunya beli sekaligus, tapi ada juga yang  gak sabaran jadinya mau cepat-cepat meski hanya beli satuan. Jadi, jangan ragu beri beragam pilihan harga. Untuk memudahkan hal tersebut, makanya di KaryaKarsa ada sistem paket, atau yang dulu kamu kenal juga sebagai tier.

3. Kamu boleh kok gonta-ganti harga karyamu.

Sumber: Instagram karyakarsa_id 

Terutama ketika setelah evaluasi, dirasa karyamu perlu diubah harganya. Jika kamu sudah ganti harga nih dari yang tadinya mahal jadi murah dan masih belum ada yang mendukung, bisa jadi kualitas konten yang mesti diubah atau memang kurang sesuai dengan minat pendukung.  Nah, itulah yang disebut tindakan mengontrol kualitas ketika sedang mengevaluasi harga.

Jangan takut untuk menentukan nilai karyamu yang sesuai, ya. Semangat berkarya! ***

Karya ini GRATIS! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi 🥰

Kategori karya
Tips Kreator

Kolom Komentar

Apakah konten ini melanggar ketentuan yang berlaku sesuai termin Karyakarsa? harap laporkan.