Pada tutorial sebelumnya kita sudah berkenalan sedikit dengan Framework ElectronJS yaitu framework untuk membuat aplikasi desktop dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS dan Javascript. Saat ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membangun aplikasi desktop dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan bantuan ElectronJS ini. Setelah mencari berbagai sumber, akhirnya saya menemukan salah satu library yang bisa membantu kita mengeksekusi bahasa PHP ke dalam ElectronJS sehingga bisa menjadi aplikasi desktop. ElectronJS secara sederhana merupakan sebuah engine layaknya browser. Bowser ini dapat menjalan aplikasi website baik dalam html, css, javascript maupun PHP. Khusus untuk menjalankan aplikasi php di ElectronJS, pembuat library ini menambahkan modul kecil yaitu portabel web server sehingga file PHP bisa dieksekusi. Untuk memulai pembuatan aplikasi desktop dengan PHP ini, silakan terlebih dahulu mengunduh librarynya di alamat berikut:

https://github.com/AJ-TechSoul/ELECTRON-4-PHP

Masih ingat cara mengunduhnya? kita menggunakan bantuan GIT CMD yang telah kita install pada tutorial sebelumnya. 

  1. Buka GIT CMD, arahkan folder dalam alamat project kamu, lalu jalankan perintah git clone https://github.com/AJ-TechSoul/ELECTRON-4-PHP
  2. Setelah itu change directory dengan perintah cd ELECTRON-4-PHP.
  3. Jika sudah masuk ke directory project, ketikkan perintah npm install
  4. Untuk menjalankan aplikasi, ketikkan perintah npm start

Untuk menggunakan project PHP dengan library ini, sebelumnya siapkan project PHP yang telah kamu miliki. Copy dan paste file tersebut tepat pada lokasi folder Electron-4-PHP.

electronjs with php.png
Struktur File Library Electron-4-PHP

Pada struktur file di atas, kita akan melihat ada file dengan nama index.php. Nah, project php yang sudah di letakkan pada folder ini pastikan file index.php berada pada alamat root, menggantikan file index.php yang lama atau default. Berikut ini hasil menjalankan aplikasi php dengan electronjs.

running electronjs with php.JPG
Aplikasi dengan PHP dijalankan dengan mode Desktop App

Demikian tutorial untuk membuat aplikasi desktop dengan bahasa pemrograman PHP dengan bantuan ElectronJS. Semoga teman-teman mendapatkan banyak manfaat dan wawasan baru. Dukung terus penulisan tutorial melalui KaryaKarsa dan nantikan tutorial menarik selanjutnya. Salam